Tahapan dalam pemrograman


Untuk melakukan pemrograman jangan melupakan tahapan. Karena dengan mengikuti tahapan tersebut, maka kita tidak akan salah arah :-). Sebagian dari kita cenderung mendapatkan hasil yang tidak sempurna karena tidak mengikuti tahapan secara benar. Tahapan dalam pemrograman terdiri dari:
  1. ·         Analisa Masalah
  2. ·         Memilih Algoritma dan struktur data untuk menyelesaikan Masalah tersebut
  3. ·         Melakukan coding

Analisa masalah : kegiatan mengidentifikasi segala masalah yang ditemukan dengan membandingkan sebuah realita yang kita inginkan. Inilah inti dari kegiatan menganalisa. Contoh misalnya Sebuah hasil perhitungan dengan menggunakan rumus yang begitu banyak dengan waktu yang lama akan menjadi sebuah masalah jika kita mengetahui hasil perhitungan tersebut bisa diselesaikan dengan rumus yang sedikit dengan waktu yang sangat cepat. Muncullah pertanyaan mengapa bisa terjadi?:-). Contoh lain sebuah rute perjalanan kita yang ditempuh dengan menggunakan mobil memakan waktu 4 jam, tetapi di waktu lain pada rute yang sama, mobil yang sama hanya memakan waktu 3 jam. Muncullah pertanyaan mengapa bisa seperti itu ? apakah ada metode mengendarai yang digunakan agar bisa secepat 1 jam ?

Memilih Algoritma dan Struktur Data : Langkah selanjutnya memiliki model algoritma yang cocok dengan masalah yang ada. Kegiatan ini memang sangat sulit, akan tetapi dengan sering melakukan studi literatur di berbagai artikel dan jurnal, maka tentu masalah mencocokkan atau memilih model algoritma yang pas dengan masalah, bisa menjadi mudah, yang penting kita yakin.

Coding : Tahapan yang disukai oleh seluruh programmer merupakan kegiatan menyusun atau menerjemahkan algoritma ke dalam bahasa pemrograman tertentu dengan berbagai aturan sesuai yang berlaku. Sering kita menemukan kesalahan pada tahap ini, disebabkan salah menganalisa dan memiliki model algoritma yang tepat. Oleh karena itu, tahap pertama dan kedua jangan luput dari perhatian kita.
Tetap semangat saudaraku.:-)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.