Macam-macam Pemrograman Desktop


Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer  atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Pemrograman visual adalah suatu bahasa pemrograman yang didalamnya terdapat himpunan simbol-simbol grafis dan teks yang mempunyai arti yang semantik dan mengunakan pengunaan expresi visual seperti grafik,gambar atau ikon yang sistematik dan mempunyai arti tertentu serta mengacu pada aktivitas yang memungkinkan pada pengguna untukmembuat program dalam (dua atau lebih) dimensi.
1. JAVA
            Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995. Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.
Sebagai bahasa pemrograman berorientasi object Java Platform Standard Edition (JSE) menyediakan lingkungan yang lengkap untuk pengembangan aplikasi di desktop dan client/server. Materi pelatihan pada Java Fundamental (JSE) akan fokus ke masalah pengantar aplikasi Java, pemrograman berorientasi object (OOP), dan berbagai teknik yang digunakan pada pemrograman bahasa Java. Materi disajikan dengan metode perimbangan teori-praktek, dengan harapan bahwa peserta training disamping memahami paradigma berorientasi objek, juga memiliki skill pemrograman Java di level dasar-intermediate.
2. PHYTON
            Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat powerfull dan mudah untuk dipelajari. Python memiliki struktur data tingkat tinggi yang sangat efisien dan sederhana tapi efektif untuk penerapan pemrograman berorientasi objek.
Python memiliki syntax dan type data dinamis yang elegan hingga membuatnya menjadi bahasa yang sangat ideal untuk scripting dan pengembangan aplikasi diberbagai bidang dan flatform system operasi.
Interpreter Python dan kumpulan library-nya bisa didapatkan gratis di situs resminya http://www.python.org/, dan boleh didisribusikan secara bebas. Di situs ini Anda juga bisa mendapatkan distribusi dan modul serta link-link situs yang menyediakan modul, program dan tool serta dokumentasi tambahan. Interpreter Python sangat mudah ditambahkan dengan fungsi-fungsi baru dan tipe data yang diimplementasikan dengan C/C++ atau bahas pemrograman lain yangdapat dipanggil menggunakan C. Python juga cocok untuk digunakan sebagai bahasa tambahan untuk kustomisasi aplikasi, seperti yang banyak digunakan dalam aplikasi GNU/Linux.(Python Documentation)

3. DELPHI
            Delphi adalah kompiler / penterjemah bahasa Delphi (awalnya dari Pascal) yang merupakan bahasa tingkat tinggi sekelas dengan Basic atau C yang merupakan produk dari Borland corp. Bahasa Pemrograman di Delphi disebut bahasa procedural artinya bahasa/sintaknya mengikuti urutan tertentu / prosedur. Delphi termasuk Keluarga Visual sekelas Visual Basic, Visual C, artinya perintah-perintah untuk membuat objek dapat dilakukan secara visual. Pemrogram tinggal memilih objek apa yang ingin dimasukkan kedalam Form/Window, lalu tingkah laku objek tersebut saat menerima event/aksi tinggal dibuat programnya.
4. NET
            NET merupakan sebuah bahasa pemrograman yang memiliki ruang lingkup besar dan kompleks. Net dikembangkan oleh Microsoft sebagai sistem untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak.NET Framework dirancang Microsoft dengan terkait pengembangan bahasa-terutama C # dan Visual Basic-untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami para pengembang perangkat lunak Windows dan user. Kelebihan .Net yaitu memungkinkan kita membuat aplikasi windows base  yang di launch melalui Internet Explorer  sehingga kita dapat memanfaatkan rich window component untuk aplikasi web sedangkan kekurangannya boros memori.
Bahasa pemrograman .Net yaitu Visual Basic (VB), C++ dan C sharp (C #):
Microsoft Visual Basic.NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .Net Framework, dengan menggunakan bahasa basic. Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat event driven dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman Common Object Model (COM).
C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an . C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat oop.
C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi obyek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .Net Framework.
            Aplikasi desktop adalah suatu aplikasi yang dapat berjalan sendiri tanpa menggunakan browser atau adanya internet di dalam komputer tersebut.
·         Keunggulan  penggunaannya adalah
·         Dapat berjalan dengan independen, tanpa perlu menggunakan browser.
·         Tidak perlu koneksi internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstall sebelumnya.
·         Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
·         Prosesnya lebih cepat.
·         Kekurangan  penggunaannya adalah
·         Apabila akan menjalankan aplikasi, harus diinstal terlebih dahulu di komputer.
·         Bermasalah dengan lisensi. Hal ini membutuhkan lisensi yang banyak pada setiap computer
·         Aplikasi tidak dapat dibuka di computer lain, jika belum diinstall
·         Biasanya memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.